Sinopsis 20th Century Girl - Dilema Memilih Sahabat atau Cinta

 

20th Century Gilr merupakan film original Netflix yang sudah rilis pada bulan Oktober 2022 lalu. Film ini sendiri diperankan oleh deretan aktor muda berbakat seperti Kim Yoo Jung, Roh Yoon Seo, Byeon Woo Soek dan Park Jung Woo.

Berkisah mengenai sebuah persahabatan dan cinta, film ini cukup fresh meski memiliki tema yang cukup umum. Namun berkat akting dari para pemerannya ini, membuat film tersebut cukup sukses bahkan viral di TikTok.

Lalu gimana sih, jalan ceritanya? Simak di bawah ini sinopsi lengkap dari film orginal Netflix 20th Century Girl.

Sinopsis 20th Century Girl – Dilema Memilih Sahabat atau Cinta


Dari judulnya saja sudah bisa ditebak kan, jika film ini mengangkat tema tentang cinta dan persahabatan. Karena karakter utama harus dihadapkan dengan dua pilihan sulit di hidupnya.

Berlatar pada tahun 1999 an, film ini mengisahkan perjalanan cinta dan persahabatan seorang gadis SMA bernama Na Bora yang diperankan oleh Kim Yoo Jung. Dirinya yang saat itu masih berusia 17 tahun digambarkan sebagai karakter yang selalu ceria, positif, memiliki kepribadian asik dan ramah.

Gadis yang juga jado taekwondo ini juga cukup rajin di sekolah dengan mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya dengan bergabung bersama klub penyiaran.

Di luar sekolah Bora membantu Ayahnya untuk menjaga dan mengelola toko penyewaan kaset CD.



Bora memiliki seorang sahabat baik di sekolahnya yang bernama Kim Yeon Doo yang diperankan oleh Roh Yoon Seo. Berbeda dengan Bora, Yeon Doo cenderung lebih pemalu dan cukup pendiam. Apalagi dia memiliki riwayat penyakit jantung yang membuat tubuhnya tidak bisa bergerak seaktif Bora.

Namun meski begitu, persahabatan keduanya sangatlah dekat. Hingga suatu hari, Yeon Doo mengungkapkan jika dirinya akan pergi ke Amerika untuk menjalani operasi transplantasi jantung.

Tapi sebelum pergi, Yeon Doo meminta satu hal pada Bora dan berjanji padanya untuk menemukan seorang pria yang tidak sengaja ditemuinya di sebuah toko baju beberapa waktu lalu. Yeon Doo pun tidak tahu siapa pria itu.


Dia hanya tahu jika pria itu berasal dari sekolah yang sama dengannya lewat seragam yang dikenakannya. Selain itu, ada tanda nama bertuliskan Baek Hyun Jin. Berdasarkan informasi ini, Yeon Doo meminta Bora untuk mencari tahu mengenai Baek Hyun Jin dan mengirimkan segala informasi mengenai dirinya lewat email.

Seperti apa makanan kesukaannya, apa saja hobinya, pokoknya semua hal yang berhubungan dengannya.

Mengingat kondisi Yeon Doo, maka Bora pun berjanji akan melakukan semua permintaan Yeon Do.

Awalnya Bora mengalami kesulitan untuk menemukan Hyun Jin apalagi informasi yang dimilikinya hanyalah nama. Namun suatu hari tanpa sengaja, dia melihat seragam sekolah dengan tanda nama Baek Hyun Jin saat naik bus. Ternyata Baek Hyun Jin merupakan siswa yang cukup populer di sekolahnya.

Sesuai janjinya, Bora mulai mengikuti Hyun Jin untuk mencari tahu mengenai dirinya dan mengirimkan email secara rutin pada Yeon Doo yang berisikan semua hal mengenai Hyun Jin.

Di samping itu, Hyun Jin memiliki seorang sahabat juga yang bernama Poong Woon Ho yang diperankan oleh Byeon Woo Seok, siswa pindahan dari Selandia Baru dan rupanya mereka berada di klub penyiaran.

Bora pun menggunakan kesempatan ini untuk mendekati Woon Ho agar bisa mengetahui semua hal tentang Hyun Jin. Apalagi Woon Ho ternyata juga bekerja di toko eskrim yang ada di depan toko milik ayah Bora. Makin dekat kan lah, mereka berdua.


Hari demi hari Bora selalu memantau gerak gerik Hyun Jin dengan berbagai cara. Bahkan terkesan lucu dan konyol. Berkat tingkahnya ini, Hyun Jin pun dengan mudah menyadari jika Bora sedang memperhatikannya. Dan tingkahnya yang lucu, tentu saja membuat Hyun Jin mulai tertarik bahkan muncul rasa suka.

Hyun Jin pun sempat mengungkapkan perasaan sukanya pada Bora, Bora yang awalnya mulai kagum dengan Hyun Jin. Tapi karena dia ingat dengan janjinya pada Yeon Doo. Maka Bora pun menolak Hyun Jin dan mulai berusaha untuk tidak menyukai pria yang juga disukai sahabatnya itu.

Di sisi lain, kedekatannya dengan Woon Ho yang awalnya hanya untuk mencari tahu semua hal tentang Hyun Jin. Membuat Bora mulai menyukainya, rupanya Woon Ho ternyata juga memiliki rasa yang sama dengan Bora.

Bora pun sempat mengungkapkan perasaan sukanya pada Woon Ho lewat email ke Yeon Do. Sebagai sahabat yang baik, Yeon Do merasa senang mengetahui akhirnya Bora juga menemukan pria yang disukainya.

Beberapa waktu kemudian Yeon Do akhirnya pulang ke Korea Selatan, dia menceritakan jika operasinya berjalan lancar. Meski begitu, hal ini tetap membuat Bora sedih lantaran melihat bekas luka operasi sahabatnya itu.

Selain itu, Yeon Doo juga menceritakan jika sebenarnya pria yang dia suka bukanlah Hyun Jin melainkan Woon Ho. Karena ternyata saat itu Woon Ho yang merupakan siswa pindahan belum memiliki seragam dan dia meminjam seragam dari Hyun Jin. Seragam yang dikenakannya saat bertemu dengan Yeon Doo di toko pakaian.

Tentu hal ini membuat Bora sangat terkejut, karena ternyata mereka suka dengan pria yang sama. Hubungan Bora dan Woon Ho yang semakin dekat juga sempat membuat Bora bimbang.


Namun karena dia sangat menyayangi Yeon Doo, akhirnya Bora mulai menjauhi Woon Ho yang padahal waktu itu Woon Ho ingin mengungkapkan perasaannya pada Bora.

Nah, mulai bimbang kan Bora di situasi ini apakah dia harus memilih pria yang dicintainya. Ataukah sahabat yang sangat disayanginya.

Daftar Pemain 20th Century Girl

Didukung oleh aktor muda berbakat, film ini menampilkan persahabatan dan cinta yang cukup real berkat akting dari para pemainnya. Dan berikut adalah daftar pemain dari fim 20th Century Girl:

1. Kim You Jung Berperan Sebagai Na Bo Ra


Meskipun masih berusia sangat muda, namun nama Kim Yoo Jung sudah pasti tidak asing bagi para pecinta drakor ya. Mengawali karir di usia yang terbilang sangat muda dan sudah berperan dalam banyak judul K-Drama terkenal.

Di antaranya seperti Lovers of the Red Sky, Love in the Moonlight, Angry Mom, hingga Backstreet Rookie bersama Ji Chang Wook.

Untuk 20th Century Girl ini bisa dibilang sebagai debut pertamanya di Netflix loh.

2. Byeon Woo Seok Berperan Sebagai Woon Ho


Aktor kelahiran 31 Oktober 1991 ini memulai debutnya di tahun 2016 dan sudah wara wiri di dunia perdrakoran. Total, dia bahkan sudah memerankan sekitar 10 judul drakor loh.

Di antaranya seperti Welcome to Waikiki 2, Search: WWW, Record of Youth, Moonshine, hingga Strong Girl Nam-Soon.

Lewat film ini, nama Byeon Woo Seok bahkan dinominasikan sebagai aktor pendatang baru terbaik di Baeksang Award.

3. Park Jung Woo Berperan Sebagai Hyun Jin


Baru memulai karir di tahun 2020, nama Park Jung Woo ini termasuk sebagai aktor pendatang baru ya. Pria tampan ini memulai karier sebagai pemeran pendukung di drama terkenal Hospital Playlist season 1 dan 2. Selain itu, dia juga pernah bermain dalam beberapa judul drama lain.

Seperti Team Bulldog: Off-duty Investigation, Fly hingga Butterflies

4. Roh Yoon Seo Berperan Sebagai Kim Yeon Du


Terakhir, ada aktris yang juga sangat bersinar namanya sejak debutnya di tahun 2022 ini setelah sukses memerankan beberapa drama terkenal lainnya. Karir akting gadis yang lahir 25 Januari 2000 ini dimulai saat dia menjadi salah satu pemeran utama dalam drama berjudul Our Blues yang mana drama ini dimainkan oleh banyak aktor senior kenamaan.

Setelah itu, Roh Yoon Seo yang baru saja wisuda ini tampil dengan memukau di drama Crash Course in Romance bersama dengan Jung Kyung Ho dan Jeon Do Yeon.

Bahkan berkat drama ini, Roh Yoon Seo juga dinominasikan sebagai aktris pendatang baru terbaik di Baeksang Award 2023 dan termasuk sebagai aktris muda bertalenta yang ditunggu project terbarunya.

Selain nama-nama di atas, drama ini juga dibintangi oleh Han Hyo Joo sebagai Bora dewasa dan Ong Seung Wu sebagai adik dari Woon Ho.

Film yang disutradari dan ditulis oleh Bang Woo Ri ini memang menghadirkan cerita lama mengenai sahabat dan cinta. Namun dikemas dengan cara yang berbeda apalagi film ini menggunakan latar tahun 1990 yang membuat generasi awal abad 20an bisa bernostalgia ya.

Seperti toko rental kaset milik Ayah Bora, alat pemutar CD hingga beberapa kebiasaan dan teknologi yang ada di era ini diperlihatkan.

Jadi film ini cukup ngasih kenangan dan bikin generasi awal 2000an bernostalgia ya. Nah, temen-temen ada yang sudah nonton film 20th Century Girl belum, kalau sudah bisa kasih reviewnya di komen ya.


Post a Comment

4 Comments

MRENEYOO said…
Kalo udah urusan cinta emang sulit ya mbak...sama"naksir orang yg sama..satu sahabat satunya gebetan...bingung milihnya😀tapi banyak si kisah nyata kayak gini di kehidupan kita
Film yang bisa untuk nostalgia generasi awal tahun 2000-an ya. Sipp.
Titik Asa said…
Wah Mbak ini pencinta film-film korea yang model drama begini ya Mbak.
Saya suka film-film korea yang genre thriler & kingdom gitu Mbak. Bener-bener asik nontonnya.

Salam kenal dari saya di Sukabumi,
celotehnur54 said…
Suka film Korea ya, Mbak. Saya kudet tentang film mungkin pengaruh usia kali, yang mendekati 3/4 abad. He he ... Terima kasih telah berbagi. Selamat malam.