Ciri-Ciri Orang Kreatif Dapat Dilihat dari Kebiasaan Ini


Mendengar kata "Kreatif" dikaitkan dengan hal-hal berbau seni. Sebenarnya kreativitas bisa mencakup banyak hal dan bisa diterapkan dalam bidang ekonomi, sosial dan sebagainya. Kreativitas seseorang diperlukan guna memecahkab masalah serta berinovasi menciptakan terobosan baru.

Ciri-Ciri Orang Kreatif Dapat Dilihat dari Kebiasaan Ini

Berbicara mengenai orang kreatif, tidak lepas dari karakteristik atau kebiasaan yang seringkali dilakukan. Berikut ciri-ciri kebiasaannya:

1. Mempunyai Keberanian dan Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Orang kreatif begitu penasaran dengan sesuatu yang unik dan berusaha menggali sampai ke akarnya. Hal tersebut membuatnya pandai berekplorasi, bahkan mencoba beragam eksperimen hingga berhasil. Selain itu, orang kreatif berani mengambil resiko kegagalan demi mewujudkan idenya.

2. Berpikir Out of The Box

Berpikir di luar batasan adalah kebiasaan orang-orang kreatif. Ketika banyak orang banyak berkutat pada keputusan aman, orang kreatif lebih memilih keluar dari zona zaman tersebut. Orang kreatif berhasil mewujudkan sesuatu yang tampak mustahil pada umumnya.

Terkadang pemikiran orang kreatif tidak terduga atau di luar jangkauan kebanyakan orang. Bahkan benda yang diangap biasa saja bagi orang lain, bisa menjadi lebih bernilai ketika diberi sentuhan kreativitas. Misalnya plastik bekas diolah sedemikian rupa hingga akhirnya bisa menjadi sebuah produk fashion, seperti pakaian, tas dan sejenisnya.

3. Berantakan

Kebanyakan orang krearif memiliki ruangan atau meja yang berantakan. Hal ini dikarenakan orang kreatif cenderung fokus dalam mengerjakan sesuatu, sehingga tidak memiliki waktu untuk membereskannya. Di satu sisi, ruangan berantakan memang memberikan kesan negatif, namun bisa memicu kreativitas.

Menurut penelitian dari Kathleen Vohs menyatakan bahwa tempat yang berantakan dapat memunculkan kreativitas seseorang dan pemikiran di luar batasan (ide baru). Orang di dalam ruangan bersih, memungkinan untuk membuat keputusan bersifat aman atau konvensional.

Tokoh ternama seperti Albert Einsten dan Steve Job, mempunyai meja kerja berantakan dan dipenuhi berbagai macam buku. Mengutip perkataan Albert Einsten, "Jika meja yang berantakan menandakan pikiran yang berantakan, bagaimana dengan meja yang kosong?"

4. Tidak Cepat Putus Asa

Orang berjiwa kreatif memandang suatu masalah serta menyikapinya secara optimis. Keyakinan kuat untuk mengaplikasin ide atau gagasannya, tidak menyurutkan semangat meski berulang kali mengalami kegagalan. Orang kreatif selalu berusaha menemukan solusi atas segala permasalahan yang dihadapi. Sikap tersebut juga didukung dengan mencari jalan keluar dari berbagai sudut pandang. Seolah-olah jika rencana A gagal, maka masih ada rencana B hingga Z yang masih belum dicoba dan kemungkinan akan berhasil.

5. Moody

Orang kreatif sering dilanda suasana hati yang tidak menentu. Sifat tersebut membuatnya mudah jenuh dan memberikan semangat untuk berinovasi. Mood memang menjadi hambatan bagi para penggiat kreatif jika tidak dapat mengontrolnya dengan baik.

6. Suka Tantangan. 

Saat orang biasa menganggap masalah adalah sebuah beban berat, orang kreatif menempatkan masalah sebagai tantangan yang harus ditaklukan. Orang kreatif siap menerima segala konsekuensi apabila terjadi kegagalan di luar dugaan. Tanpa sadar, beragam tantangan tersebut membuat dirinya tahan banting dan lebih bersemangat. Ketika orang merasa tertantang, otomatis pikirannya akan bekerja keras untuk menemukan jalan keluarnya.

7. Fleksibel. 

Orang kreatif lebih bersifat terbuka terhadap hal-hal baru, sehingga mudah beradaptasi dengan lingkungan. Hal tersebut membuatnya cepat mempelajari keadaan di sekitarnya dan segera mengatasi masalah yang terjadi.

Pikiran orang kreatif selalu aktif terhubung dengan penyelesaian masalah, maka tidak menutup kemungkinan seseorang mendapatkan ide baru ketika bersantai maupun melakukan aktivitas biasa, seperti makan dan menunggu bus. Misalnya transportasi ojek online lahir dari keresahan seorang pendiri Gojek yang terbiasa menggunakan jasa ojek pangkalan.

8. Memiliki Empati.

Kepekaan orang kreatif terhadap masalah di sekitarnya, menarik perhatiannya untuk mengatasi masalah tersebut. Keinginan kuat menolong orang lain, mampu menciptakan hal baru.

Contohnya seperti keluhan mengenai jasa ojek pangkalan. Masyarakat saat itu masih kurang yakin akan keselamatan, karena belum terdaftar dengan jelas. Di sisi lain, masyarakat kesulitan menemukan pangkalan ojek. Ditambah lagi, pengendara ojek lebih banyak menghabiskan waktu di pangkalan. Dari hasil observasi Nadiem Makarim, akhirnya ia menemukan solusi dari rentetan masalah yang ada. Terbukti bahwa orang kreatif mempunyai empati untuk menjawab segala persoalan dan membuatnya lebih efektif.

Banyak ide kreatif yang muncul berawal dari kepedulian seseorang, seperti;

- Jasa cleaning service di tengah padatnya kesibukan manusia masa kini.

- Menciptakan plastik ramah lingkungan yang bisa dimakan, mengingat banyaknya sampah di laut dapat membahayakan kelangsungan hidup biota laut.

- Seorang tuna wicara mendirikan kedai berkonsep unik, serta memberi lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas lainnya.

9. Senang Berimajinasi Sekaligus Realistis.

Kreativitas berkaitan erat dengan imajinasi, pikiran melampaui batas. Meskipun pada zamannya, sebuah ide dianggap gila sebab terkesan tidak masuk akal. Suatu saat nanti, ide tersebut dapat terealisasikan dan dinikmati banyak orang, seperti penemuan pesawat terbang. 

Setelah mengetahui ciri-ciri orang kreatif, apakah kamu termasuk salah satunya?

Post a Comment

1 Comments

abang ichal said…
nice, betul sekali.