Cara Menghilangkan Bau Busuk Sepatu Tanpa Harus dicuci

Faktornya bermacam-macam, ada yang malas mencuci sepatu tapi ingin sepatu selalu wangi. Ada yang ragu apakah mencuci sepatu hari ini dan besoknya bisa kering?

Atau juga ada yang ingin sepatunya tetap wangi tapi tak ingin melunturkan warna sepatu karena kita tahu sendiri, mencuci sepatu terlalu sering bisa membuat warna sepatu memudar.



Kalian? Memakai alasan apa? Ingin sepatu tetap wangi tanpa harus dicuci?

Berikut caranya:


1. Menggunakan Koran


Ingatkah kalian, saat membeli sepatu dulu? Sepatu yang kalian beli di toko di dalamnya terdapat koran. Ternyata hal tersebut ada gunanya. Bukan merupakan salah satu bentuk kurang kerjaan si penjual. Melainkan mereka memberikan koran di dalam sepatu itu agar sepatu tetap wangi. Karena dipercaya koran bisa menyerap air yang ada di dalam sepatu. Sementara faktor penyebab sepatu menjadi bau sendiri kan ada unsur air di dalam sepatu.
Jadi dengan menggunakan koran, kamu bisa menjaga sepatu agar tetap wangi. Biasanya MbakCupid menaruh koran dalam waktu semalam. Dan paginya sudah bisa dibawa pergi ke sekolah.


2.  Menaburkan Bedak Bayi


Bedak bayi yang wangi, bisa membuat sepatu menjadi ikut wangi. Biasanya orang-orang menabur bedak bayi di dalam sepatu, setelah mereka mencucinya.
Dan sebaiknya kalian memakai kaos kaki warna putih supaya bedak bayinya tidak tampak bila kalian memakai kaos kaki warna hitam.


3. Memasukkan Bawang Putih dan Bawang Merah


Irisan bawang putih dan bawang merah yang ditaruh di dalam sepatu bisa menghilangkan bau busuk sepatu. Tidak usah khawatir dengan aroma bawangnya. Karena nanti juga bisa hilang.
Jika ingin mempraktekkan, lakukan pada saat malam hari. Dan ambil irisan bawang itu sebelum shubuh. Jangan kelamaan. Nanti bawangnya membusuk di dalam sepatu.


4. Menggunakan Kapur Barus


Ini lebih mudah dilakukan. Kalian tinggal membeli kapur barus yang bulat-bulat, lalu ditaruh dalam sepatu.
Melakukannya saat malam dan ambil saat pagi. Dijamin bau sepatu hilang.
Selain itu, kapur barusnya nanti bisa digunakan kembali karena kapur barus tidak cepat habis alias tahan lama.


5. Menggunakan Kopi atau Teh Celup


Caranya tidak dengan menaburkan kopi di dalam sepatu, tapi bubuk kopi ditaruh dalam tissue, lalu masukkan ke dalam sepatu. Gunakanlah kopi tanpa kandungan gula.
Karena kopi nantinya bisa membunuh jamur serta bakteri yang ada dalam sepatu. Jadi sepatu bisa menjadi wangi tanpa harus dicuci. Kalian juga bisa memakai teh celup. Caranya lebih mudah, cukup memasukkan teh celup di masing-masing sepatu. Lalu tunggu dalam waktu semalam.

Itu lah cara membuat sepatu harum tanpa perlu dicuci. Yang harus diutamakan bila ingin sepatu tetap wangi adalah, jauhkan sepatu dari air. Jaga sepatu agar tetap kering, jangan sampai lembab. Jemur sepatu bila didapati sepatu terasa lembab atau basah.

Sebab tempat lembab disukai oleh jamur. Jika jamur datang, maka bakteri pun ikut datang juga. Demikian membuat sepatu yang lembab menjadi bau.

Di lain sisi, kalian juga harus menjaga kaki kalian supaya tidak membuat sepatu menjadi bau. Caranya sangat mudah.
Cukup dengan merendam kaki di dalam air yang dilarutkan dengan garam.

Kaki bisa menjadi sehat dan garam yang ada di campuran air bisa membuat kuku kalian sehat pula.

Tapi ada satu tips lagi supaya sepatu tidak menjadi bau tanpa perlu dicuci. Yaitu, kalian tidak perlu memakai sepatu itu.

Jadi, mau memakai tips yang mana?


Post a Comment

3 Comments

Sungai Awan said…
pake kapur barus saja lebih terasa harumnya
Kang Nata said…
kalau menggunakan bawang , apakah tidak licin sepatunya mbak ? sepatu bau sering saya alami saat sekolah dahulu, abissss malas cuci sich, heheheh... :)
kalo dikasih bawang merah dan bawang putih kok kesannya malah jadi semakin bau ya? aku belum pernah coba sih.